Rabu, 17 Februari 2010

RPP IPA KELAS IV SEMESTER 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SDN Kelapa Dua Wetan 02 Pg
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 1–5
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda
Kompetensi Dasar : 7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan dapat mengubah gerak suatu benda
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan
atau tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda
Indikator : 1. Membuat daftar berbagai gerak benda, antara lain :
 Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar
 Mengidentifikasi faktor yang memengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan
 Memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda
 Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi ke¬adaan benda jika dimasukkan ke dalam air
 Mendemonstrasikan benda yang tenggelam menjadi ter¬apung dan sebaliknya

I. Tujuan Pembelajaran
 Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
 membuat daftar berbagai gerak benda;
 mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar;
 mengidentifikasi faktor yang memengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan;
 memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda;
 mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keadaan benda jika dimasukkan ke dalam air;
 mendemonstrasikan benda yang tenggelam menjadi terapung dan sebaliknya.

II. Materi Pembelajaran : Gaya
III. Metode Pembelajaran : Informasi, pemberian tugas, demonstrasi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian gaya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh gaya jika mengenai benda.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa membuat daftar gerak benda.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.1 untuk membuktikan bahwa gaya dapat menyebabkan benda bergerak.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang dapat melakukan gaya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan beberapa hal yang memengaruhi gerak benda.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.2 untuk mengetahui hal-hal yang memengaruhi gerak benda.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan berbagai macam gerak benda dan hal-hal yang memengaruhinya.

Pertemuan Ke-2 Hari/tanggal : ……………………..


Kegiatan Awal
• Guru mengajarkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai cara membentuk benda.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai bentuk benda.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.3 untuk mengetahui berbagai bentuk benda dibentuk.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh gaya terhadap gerak benda.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.4 untuk mengetahui pengaruh gaya terhadap arah gerak benda.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan cara membentuk benda dan pengaruh gaya terhadap arah gerak benda.

Pertemuan Ke-3 Hari/tanggal : ……………………..

Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kemungkinan yang akan terjadi jika benda dimasukkan ke dalam air.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian tenggelam, melayang, dan terapung.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.5 untuk mengetahui benda yang tenggelam, melayang, dan terapung.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.6 untuk membuat benda yang tenggelam, melayang, dan terapung.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengertian tenggelam, melayang, dan terapung.

Pertemuan Ke-4, Hari/tanggal : ……………………..

Kegiatan Awal
• Guru menyebutkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hal-hal yang memengaruhi kedudukan benda jika dimasukkan ke dalam air.


Kegiatan Inti
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.7 untuk membuktikan bahwa bentuk benda memengaruhi kedudukannya di dalam air.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.8 untuk membuktian bahwa adanya rongga udara memengaruhi kedudukan benda di dalam air.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang dapat dibuat tenggelam, melayang, dan terapung di dalam air.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan hal-hal yang memengaruhi kedudukan benda jika dimasukkan ke dalam air.

Pertemuan ke-5 Hari/tanggal : ……………………..


Kegiatan Awal
• Guru menyebutkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara membuat benda yang terapung menjadi tenggelam.

Kegiatan Inti
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 9.9 untuk membuktikan cara membuat benda yang terapung menjadi tenggelam.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara membuat benda yang tenggelam menjadi terapung.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan cara membuat benda yang ter¬apung menjadi tenggelam dan membuat benda yang tenggelam menjadi ter¬apung.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 1–24

VI. Penilaian

Mengerjakan soal latihan pada halaman 22–24



Jakarta, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN KDW 02 Pg Guru Kelas IV




Hj. TIEN YUNIATI, S.Pd Drs. RESIMAN TANJUNG.
NIP. 131.416.106 NIP. 131.501.212


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SDN Kelapa Dua Wetan 02 Pg
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 6–11
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaan¬nya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya
Indikator : 1. Menyebutkan sumber-sumber energi panas, misalnya gesekan benda dan matahari
 Mendemonstrasikan adanya perpindahan panas
 Menyebutkan sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar
 Menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar
 Membedakan perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
 menyebutkan sumber-sumber energi panas, misalnya gesekan benda dan matahari;
 mendemonstrasikan adanya perpindahan panas;
 menyebutkan sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar;
 menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar;
 membedakan perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas.

II. Materi Pembelajaran : Energi panas dan energi bunyi
III. Metode Pembelajaran : Informasi, pemberian tugas, demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-6 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiataan Awal
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian energi panas dan energi bunyi.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sumber energi panas dan energi bunyi yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perpindahan panas.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian perpindahan panas secara konduksi.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 10.1 untuk membukti¬kan adanya perpindahan panas secara konduksi.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat perpindahan panas secara konduksi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perpindahan panas secara konduksi dan manfaat perpindahan panas bagi kesejahteraan manusia. Pertemuan Ke-7
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian perpindahan panas secara konveksi.

Kegiatan Inti
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 10.2 untuk membukti¬kan adanya perpindahan panas secara konveksi.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perpindahan panas secara konveksi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perpindahan panas secara konveksi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Pertemuan Ke-8 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian perpindahan panas secara radiasi.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perpindahan panas secara radiasi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat perpindahan panas secara radiasi bagi kesejahteraan kehidupan manusia.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perpindahan panas secara radiasi dan manfaat perpindahan panas bagi kesejahteraan manusia.

Pertemuan Ke-9 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian energi bunyi.

Kegiatan Inti
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 10.3 untuk mengetahui benda yang menghasilkan bunyi.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang dapat menghasilkan bunyi.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan keadaan benda yang sedang menghasilkan bunyi.

Pertemuan Ke-10 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan cara perambatan bunyi melalui benda padat.

Kegiatan Inti
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 10.4 untuk membukti¬kan adanya perambatan bunyi melalui benda padat.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat perambatan bunyi melalui benda padat.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 10.5 untuk membuat alat yang memanfaatkan perambatan bunyi melalui benda padat.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perpindahan bunyi melalui benda padat dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Pertemuan Ke-11 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan cara perambatan bunyi me¬lalui benda cair dan gas.

Kegiatan Inti
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 10.5 untuk membukti¬kan adanya perambatan bunyi melalui benda cair.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat perambatan bunyi melalui benda cair.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hal-hal yang membuktikan bahwa bunyi merambat melalui gas.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat perambatan bunyi melalui gas.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perpindahan bunyi melalui benda cair dan gas serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 25–38

VI. Penilaian
Mengerjakan soal latihan pada halaman 35–38



Jakarta, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN KDW 02 Pg Guru Kelas IV



Hj. TIEN YUNIATI, S.Pd Drs. RESIMAN TANJUNG.
NIP. 131.416.106 NIP. 131.501.212







Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SDN Kelapa Dua Wetan 02 Pg
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 12–16
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara pengguna¬annya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara pengguna¬annya
Indikator : 1. Mencari informasi berbagai energi alternatif
 Memberi contoh benda-benda yang menggunakan sumber energi alternatif, misalnya mobil bertenaga surya
 Memberi contoh penggunaan energi alternatif tersebut
 Menjelaskan keuntungan energi alternatif dibandingkan dengan energi yang saat ini digunakan

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
 mencari informasi berbagai energi alternatif;
 memberi contoh benda-benda yang menggunakan sumber energi alternatif, misalnya mobil bertenaga surya;
 memberi contoh penggunaan energi alternatif tersebut;
 menjelaskan keuntungan energi alternatif dibandingkan dengan energi yang saat ini digunakan.

II. Materi Pembelajaran : Energi alternatif

III. Metode Pembelajaran : Informasi, pemberian tugas, demonstrasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-12 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiataan Awal
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian energi alternatif.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan peredaran antara energi alternatif dengan energi bahan bakar fosil.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan energi alternatif yang ada di lingkungan sekitar.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penggunaan energi alternatif yang ada di lingkungan sekitar.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengertian energi alternatif dan penggunaannya yang terdapat di lingkungan sekitar.

Pertemuan Ke-13 Hari/tanggal : ……………………..

Kegiataan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari.



Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan teknologi yang memanfaatkan energi matahari, misalnya mobil tenaga surya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara kerja mobil tenaga surya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara kerja pembangkit listrik tenaga surya.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi alternatif.

Pertemuan Ke-14 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiataan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat energi angin dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan teknologi yang memanfaatkan energi angin, misalnya perahu layar dan kincir angin.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara kerja perahu layar dan kincir angin.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pemanfaatan energi angin sebagai sumber energi alternatif.

Pertemuan Ke-15 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiataan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pemanfaatan air sebagai sumber energi alternatif.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan teknologi yang memanfaatkan energi air, misalnya pembangkit listrik tenaga air.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pemanfaatan air sebagai sumber energi alternatif.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pemanfaatan energi air sebagai sumber energi alternatif.

Pertemuan Ke-16 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiataan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penggunaan energi alternatif.


Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kelebihan penggunaan energi alternatif jika dibandingkan dengan penggunaan energi dari bahan bakar fosil.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kekurangan penggunaan energi alternatif jika dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar fosil.



Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kelebihan dan kekurangan penggunaan energi alternatif.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 39–50

VI. Penilaian

• Mengerjakan soal latihan pada halaman 48–50





Jakarta, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN KDW 02 Pg Guru Kelas IV




Hj. TIEN YUNIATI, S.Pd Drs. RESIMAN TANJUNG.
NIP. 131.416.106 NIP. 131.501.212
















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SDN Kelapa Dua Wetan 02 Pg
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 17–20
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara pengguna¬annya dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :
8.3 Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan per¬ubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut
8.4 Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui pengguna¬an alat musik
Indikator :
1. Menentukan karya atau model yang dibuat, misalnya roket dari kertas, baling-baling, parasut, dan pesawat kertas
2. Menentukan bahan atau alat yang digunakan
3. Membuat karya atau model sesuai dengan rancangan
4. Menguji karya atau model yang dibuat dan menyempur¬nakannya
5. Menerapkan keamanan kerja dan menjaga kebersihan lingkungan kerja
6. Menyimpulkan bentuk rancangan terbaik
7. Menentukan karya atau model yang akan dibuat, misalnya trompet, suling, atau peredam suara dari bahan-bahan yang mudah diperoleh
8. Menentukan bahan atau benda dan alat yang sesuai
9. Membuat model sesuai rancangannya
10. Menguji model rancangannya
11. Menyempurnakan model
12. Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan, dan keamanan kerja serta menjaga kebersihan

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. menentukan karya atau model yang dibuat, misalnya roket dari kertas, ba¬ling-baling, parasut, dan pesawat kertas;
2. menentukan bahan atau alat yang digunakan;
3. membuat karya atau model sesuai dengan rancangan;
4. menguji karya atau model yang dibuat dan menyempurnakannya;
5. menerapkan keamanan kerja dan menjaga kebersihan lingkungan kerja;
6. menyimpulkan bentuk rancangan terbaik;
7. menentukan karya atau model yang akan dibuat, misalnya trompet, suling, atau peredam suara dari bahan-bahan yang mudah diperoleh;
8. menentukan bahan atau benda dan alat yang sesuai;
9. membuat model sesuai rancangannya;
10. menguji model rancangannya;
11. menyempurnakan model;
12. menerapkan prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan, dan keamanan kerja serta menjaga kebersihan.

II. Materi Pembelajaran : Penerapan energi gerak dan energi bunyi
III. Metode Pembelajaran : Informasi, pemberian tugas, demonstrasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-17 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penerapan energi gerak dan energi bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang bergerak karena udara, antara lain roket, parasut, dan pesawat kertas.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian roket.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 12.1 agar dapat menje¬laskan prinsip kerja roket.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan prinsip kerja roket.

Pertemuan Ke-18 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian parasut.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan prinsip kerja parasut.

Kegiatan Inti
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 12.2 untuk membuat parasut.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pesawat.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 12.3 untuk membuat pesawat kertas.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan prinsip kerja parasut dan pesawat.

Pertemuan Ke-19 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiataan Awal
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan benda yang menghasilkan bunyi dan perambatan bunyi.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat-alat yang dapat menghasil¬kan bunyi.

Kegiatan Inti
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 12.4 untuk alat yang dapat menghasilkan bunyi.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan cara kerja alat musik sehingga menghasilkan bunyi yang teratur.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan cara menghasilkan bunyi yang teratur

Pertemuan Ke-20 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiataan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan bahan yang dapat digunakan untuk meredam bunyi.

Kegiatan Inti
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 12.5 untuk mengetahui bahan yang dapat digunakan untuk meredam bunyi.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat peredam bunyi dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan peredaman bunyi.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 51–60

VI. Penilaian
• Penilaian tertulis





Jakarta, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN KDW 02 Pg Guru Kelas IV




Hj. TIEN YUNIATI, S.Pd Drs. RESIMAN TANJUNG.
NIP. 131.416.106 NIP. 131.501.212






















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SDN Kelapa Dua Wetan 02 Pg
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 21–24
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
Kompetensi Dasar :
9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan benda langit dari hari ke hari
Indikator :
1. Mengidentifikasi perubahan daratan yang disebabkan oleh air dan udara, misalnya perubahan akibat pasang¬surut air laut, badai, erosi, dan kebakaran
 Menjelaskan pengaruh air laut pasang dan surut bagi nelayan dan dermaga yang dangkal
 Mengumpulkan informasi tentang pengaruh erosi bagi tanaman
 Mengumpulkan informasi pengaruh kebakaran hutan bagi hewan
 Mengidentifikasi kedudukan benda langit, misalnya mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan posisi matahari terbit dan tenggelam, dan penampakan bulan dari hari ke hari
 Mencari informasi tentang kedudukan benda langit

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan kamu mampu
 mengidentifikasi perubahan daratan yang disebabkan oleh air dan udara, misalnya perubahan akibat pasang-surut air laut, badai, erosi, dan kebakaran;
 menjelaskan pengaruh air laut pasang dan surut bagi nelayan dan dermaga yang dangkal;
 mengumpulkan informasi tentang pengaruh erosi bagi tanaman;
 mengumpulkan informasi pengaruh kebakaran hutan bagi hewan;
 mengidentifikasi kedudukan benda langit, misalnya mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan posisi matahari terbit dan tenggelam, dan penampakan bulan dari hari ke hari;
 mencari informasi tentang kedudukan benda langit.

II. Materi Pembelajaran : Bumi dan langit
III. Metode Pembelajaran : Informasi, pemberian tugas, demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-21 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan perubahan yang terjadi di permukaan bumi dan langit.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyebab perubahan di permukaan bumi, antara lain udara, air, dan api.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh air, antara lain pasang surut air laut.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskrikpsikan terjadinya pasang surut air laut.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh pasang surut air laut, terutama yang terjadi di daerah pantai dan dermaga.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan terjadinya erosi.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan proses terjadinya pasang surut air laut dan pengaruhnya bagi kehidupan manusia serta terjadinya erosi.

Pertemuan Ke-22 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan di permukaan bumi yang disebabkan oleh angin dan api.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan angin dalam kehidupan sehari-hari.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kerugian angin dalam kehidupan sehari-hari.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan api dalam kehidupan sehari-hari.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kerugian api dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan dan kerugian angin serta api dalam kehidupan sehari-hari.

Pertemuan Ke-23 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan di benda langit jika diamati dari permukaan bumi pada siang hari.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan kenampakan matahari dari pagi hingga sore hari.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 13.1 untuk mengetahui perubahan kenampakan matahari jika diamati dari muka bumi.
• Dengan dibimbing guru, siswa menyebutkan manfaat perubahan kenampakan matahari jika diamati dari bumi.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perubahan kenampakan matahari jika diamati dari muka bumi dari pagi hingga sore hari.

Pertemuan Ke-24 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan di benda langit jika diamati dari muka bumi pada malam hari.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan kenampakan bulan dari hari ke hari berikutnya selama sebulan.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 13.2 untuk mengetahui perubahan kenampakan bulan jika diamati dari muka bumi.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat perubahan kenampakan bulan yang diamati dari bumi selama sebulan.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan kenampakan bintang jika diamati dari bumi.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perubahan kenampakan bulan dan bintang jika diamati dari muka bumi.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 61–74

VI. Penilaian
• Mengerjakan soal latihan pada halaman 72–74




Jakarta, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN KDW 02 Pg Guru Kelas IV




Hj. TIEN YUNIATI, S.Pd Drs. RESIMAN TANJUNG.
NIP. 131.416.106 NIP. 131.501.212






















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Nama Sekolah : SDN Kelapa Dua Wetan 02 pg
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 25–28
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruh¬nya terhadap daratan
Kompetensi Dasar :
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan ling¬kungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelom¬bang air laut)
10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik ter¬hadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkung¬an (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)
Indikator : 1. Mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik
 Menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan ling¬kungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang laut)
 Mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada per¬mukaan tanah
 Mengidentifikasi cara mencegah erosi tanah dan abrasi

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
 mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik;
 menjelaskan pengaruh faktor penyebab perubahan lingkungan terhadap daratan (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang laut);
 mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada permukaan tanah;
 mengidentifikasi cara mencegah erosi tanah dan abrasi.

II. Materi Pembelajaran : Perubahan lingkungan fisik

III. Metode Pembelajaran : Informasi, pemberian tugas, demonstrasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-25 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyebab perubahan lingkungan fisik.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan lingkungan fisik yang disebabkan oleh angin dan hujan.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian angin.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 14.1 untuk mengetahui adanya angin.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian angin darat dan angin laut.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh adanya angin darat dan angin laut terhadap keadaan daerah pantai.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan keuntungan dan kerugian yang dapat ditimbulkan oleh angin.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan proses terjadinya hujan.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan keuntungan dan kerugian hujan.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan terjadinya angin dan hujan, proses terjadinya, serta keuntungan dan kerugiannya.

Pertemuan Ke-26 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan lingkungan fisik yang disebabkan oleh cahaya matahari dan gelombang laut.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan lingkungan fisik yang disebabkan cahaya matahari.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perubahan lingkungan fisik yang disebabkan gelombang laut.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan perubahan lingkungan fisik yang sebabkan oleh cahaya matahari dan gelombang laut.

Pertemuan Ke-27 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian erosi.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan proses terjadinya erosi tanah.
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 14.2 untuk mengetahui cara mencegah erosi.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kerugian yang disebabkan oleh erosi.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara untuk mencegah erosi.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kerugian dan cara mencegah erosi.

Pertemuan Ke-28 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian abrasi.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan proses terjadinya abrasi.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kerugian yang disebabkan oleh abrasi.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara untuk mencegah abrasi.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kerugian dan cara mencegah abrasi.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 75–88

VI. Penilaian

• Mengerjakan soal latihan pada halaman 86–88






Jakarta, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN KDW 02 Pg Guru Kelas IV




Hj. TIEN YUNIATI, S.Pd Drs. RESIMAN TANJUNG.
NIP. 131.416.106 NIP. 131.501.212



























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : SDN Kelapa Dua Wetan 02 Pg
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : IV/2
Pertemuan Ke- : 29–32
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi :
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
Kompetensi Dasar :
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan
11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap
pelestarian lingkungan
Indikator : 1. Memberi contoh berbagai sumber daya alam dan hasilnya
 Menggolongkan benda menurut asalnya, misalnya daging dari hewan, logam dari mineral, meja atau kursi dari kayu
 Mengidentifikasi hasil teknologi yang digunakan ma¬nusia yang menggunakan sumber daya alam, misalnya kertas dari kayu, pakaian dari kapas
 Menjelaskan tingkat kemudahan pengambilan hasil laut, sungai, hutan, tanah galian tanpa pelestarian
 Mengumpulkan informasi tentang dampak pengambilan sumber daya alam tanpa ada usaha pelestarian terhadap lingkungan
 Merancang teknologi sederhana pendaurulangan bahan¬bahan bekas
 Membuat produk baru bernilai ekonomis dari bahan¬bahan buangan

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
 memberi contoh berbagai sumber daya alam dan hasilnya;
 menggolongkan benda menurut asalnya, misalnya daging dari hewan, logam dari mineral, meja atau kursi daari kayu;
 mengidentifikasi hasil teknologi yang digunakan manusia yang meng¬gunakan sumber daya alam, misalnya kertas dari kayu, pakaian dari kapas;
 menjelaskan tingkat kemudahan pengambilan hasil laut, sungai, hutan, tanah galian tanpa pelestarian;
 mengumpulkan informasi tentang dampak pengambilan sumber daya alam tanpa ada usaha pelestarian terhadap lingkungan;
 merancang teknologi sederhana pendaurulangan bahan-bahan bekas;
 membuat produk baru bernilai ekonomis dari bahan-bahan buangan.

II. Materi Pembelajaran : Sumber daya alam

III. Metode Pembelajaran : Informasi, pemberian tugas, demonstrasi.

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-29 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian sumber daya alam.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sumber daya alam yang ada di sekitar.

Kegiatan Inti
• Dengan dibimbing guru, siswa melakukan Kegiatan 15.1 untuk mengetahui sumber daya alam.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang berasal dari tumbuhan.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang berasal dari hewan.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang berasal dari mineral.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan, hewan, dan mineral.

Pertemuan Ke-30 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan proses penggunaan benda yang ada di sekitar baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang dapat digunakan secara langsung.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan proses penggunaan benda yang ada di sekitar baik secara langsung maupun tidak langsung.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang dapat digunakan secara langsung.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang tidak dapat digunakan secara langsung, tetapi melalui proses pembuatan, misalnya kain dan kertas.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan penggunaan benda yang ada di sekitar.

Pertemuan Ke-31 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan proses pengambilan bahan alam.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan dampak pengambilan bahan alam tanpa usaha pelestarian.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan dampak pengambilan hasil laut dan sungai tanpa usaha pelestarian.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan dampak pengambilan hasil hutan tanpa usaha pelestarian.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan dampak pengambilan tanah galian tanpa usaha pelestarian.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan dampak pengambilan bahan alam tanpa usaha pelestarian.


Pertemuan Ke-32 Hari/tanggal : ……………………..
Kegiatan Awal
• Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
• Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian daur ulang.

Kegiatan Inti
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya sampah didaur ulang.
• Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya pembuatan produk yang berguna dengan bahan dasar benda yang ada di sekitar.
• Dengan dibimbing guru guru, siswa melakukan Kegiatan 15.2 untuk mem¬buat produk yang berguna dengan bahan dasar benda yang ada di sekitar.

Kegiatan Akhir
• Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pentingnya mendaur ulang sampah.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 4B terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri halaman 89–102

VI. Penilaian
• Mengerjakan soal latihan pada halaman 101–102.
• Mengerjakan soal latihan ulangan umum semester 2 pada hal 103 – 108.





Jakarta, Januari 2010
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN KDW 02 Pg Guru Kelas IV




Hj. TIEN YUNIATI, S.Pd Drs. RESIMAN TANJUNG.
NIP. 131.416.106 NIP. 131.501.212

Tidak ada komentar:

Posting Komentar